Wednesday, January 28, 2009

Atasi Masalah di Word Dengan Menghapus 'File Temporary'

Terkadang kita dibuat frustasi dengan beberapa error yang timbul di Microsoft Word. Gejala error di Word itu antara lain: toolbar hilang, Word sering sekali hang secara tiba-tiba, Word tidak bereaksi apa-apa begitu dibuka, respon aneh Word yang tidak berhubungan dengan dokumen yang dibuka.


Biasanya hal ini disebabkan oleh tiga hal utama yaitu: normal template Anda, add-in atau data key yang rusak pada registry. Jangan abaikan juga file temporary yang tidak terpakai juga bisa menimbulkan masalah-masalah itu. Untuk mengatasinya lebih baik kita menghapus file temporary yang tidak terpakai.

Kapan saja Anda membuka sebuah dokumen, Word akan membuat suatu file temporary untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen tersebut. Word secara otomatis akan menghapus file temporary ini ketika Anda menutup dokumennya. Tetapi ketika Word atau Windows Anda sedang bermasalah, file ini akan tertinggal dan dapat menimbulkan masalah.

Cara termudah untuk menghapus file temporary yaitu melalui Windows Explorer:
- Tutup semua aplikasi di Windows.
- Klik pada tempat kosong di taskbar dan tekan F3 untuk membuka fasilitas Search di Windows Explorer.
- Pastikan Anda melakukan pencarian di primary hard drive dan centanglah Include Subfolders.
- Ketikkan *.tmp;~*.do?;~*.wbk di kotak Nama.
- Klik tombol Search dan hapuslah semua file yang ditemukan.

Beberapa orang (atau program) cenderung suka menambahkan tanda tilde (~) pada nama file, biasanya agar bisa memastikan sebuah file selalu ada di bagian teratas pada daftar file dalam folder. Sebelum Anda menghapus semua file hasil pencarian tadi, pastikan lebih dahulu itu benar-benar file temporary.


0 comments:

Post a Comment