Wednesday, January 28, 2009

Memunculkan Fitur 'Checkbox' Tersembunyi Vista

Beberapa user mungkin mengetahui untuk memilih beberapa file dengan cara menahan penekanan tombol Ctrl ketika klik pada masing-masing file. Tentu hal ini akan menjadi lumayan merepotkan jika Anda melakukannya dengan daftar yang panjang atau file yang sangat banyak. Sangatlah mudah jika tiba-tiba terjadi salah klik yang menyebabkan Anda kehilangan semua yang Anda pilih. Karena itu di sinilah guna fitur checkbox Vista yang tersembunyi.

Daripada harus tetap menahan penekanan tombol Ctrl, Anda dapat dengan secara mudah klik checkbox di samping setiap file yang ingin Anda pilih.

Untuk menampilkan pilihan yang sangat berguna ini, bukalah sembarang window (seperti Computer atau Explorer), klik menu Organize, dan pilih Folder and Search Options. Kemudian klik tab View, dan scroll ke bawah sampai Anda melihat item tulisan Use check boxes to select items. Centanglah pilihan itu, kemudian klik OK.

Bingo! Sekarang, kapan saja kursor mouse Anda berada di dekat suatu nama file, sebuah checkbox akan tampil di kolom kiri. Pilihlah beberapa file, kemudian drag ke manapun Anda mau atau lakukan apapun hal lainnya yang perlu Anda lakukan. Juga perhatikan, Anda dapat melakukan klik pada kolom utama di samping keterangan Name untuk secara langsung memilih semua file (sebagai alternatif dari cara lama dengan menekan



0 comments:

Post a Comment