Wednesday, January 28, 2009

Mengubah Folder Default Untuk Attachment Pada Outlook

Dalam suatu kasus, terkadang Anda merasa kalau Outlook sedikit menghambat kerja. Tetapi di sini bukan masalah lambat atau macet, tetapi bagaimana program ini menangani attachment.


Spesifik begini, ketika Anda klik icon paper clip kecil untuk menambahkan attachment pada saat menulis email, Anda biasanya akan langsung diarahkan ke folder My Documents. Kalau memang Anda menyimpan kebanyakan data di folder My Documents, hal ini tidak jadi masalah. Tetapi bagaimana kalau kebanyakan data Anda disimpan di folder lain misal yang bernama Data.

Hal ini akan membutuhkan dua kali klik tambahan untuk bisa ke folder tersebut. Tetapi ada suatu cara sederhana dengan sedikit mengubah registry untuk mengubah folder default untuk attachment pada Outlook.

1. Klik Start, kemudian Run.
2. Ketik regedit, kemudian klik OK.
3. Masuklah ke bagian registry ini: HKEY_CURRENT_USER\ Software\ Microsoft\ Windows\ CurrentVersion\ Explorer\ User Shell Folders
4. Pada bagian kanan, double-click pada Personal.
5. Masukkan alamat baru yang Anda inginkan, misalnya C:\Data.
6. Keluar dari Registry dan restart-lah Outlook.

Hanya itu saja yang perlu dilakukan. Perhatikan ketika Anda melakukan attach file, Outlook tetap menampilkan My Documents pada kolom Look, tetapi Anda akan langsung bisa melihat isi dari folder yang baru Anda pilih sebagai default folder di bawah My Documents. Cara ini berfungsi pada Outlook 2003.


0 comments:

Post a Comment